Senin, 20 Februari 2023

Phalaenopsis pulcherrima atau Phalaenopsis doritis anggrek ini juga disebut Phalaenopsis esmeralda

 Phalaenopsis pulcherima merupakan salah satu anggrek spesies, anggrek ini disebut juga Phalaenopsis doritis dan ada juga yang menamakan Phalaenopsis esmeralda. Anggrek ini hidupnya epifit pada pohon-pohon dan sangat rajin berbunga, serta rajin juga bertunas.

Anggrek ini perawatannya cukup mudah karena sangat tahan terhadap berbagai cuaca, tidak perlu banyak memupuk. Perbanyakan anggrek ini juga cukup mudah, melalui teknik split atau pemisahan tunas dari induk. Bagi pemulia tanaman Anggrek ini bisa disilangkan dengan anggrek bulan lainnya karena sifatnya yang bandel terhadap cuaca bisa dijadikan indukan untuk mendapatkan hasil anakkan yang bersifat hampir sama dengan indukkannya.

Media tanaman anggrek ini juga sangat mudah karena anggrek ini mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, contoh media yang digunakan untuk menanam anggrek Phalaenopsis pulcherima atau doritis salah satunya adalah arang, pakis cacah, pakis papan, pohon kopi, batu bata, ditempel di pohon - pohon hidup seperti pohon mangga, pohon rambutan pohon-pohon hidup berkayu lainnya.

Phalaenopsis pulcherima mudah sekali bertunas dan sering berbunga, musim berbunga pada saat musim penghujan, biasanya semakin banyak tunas semakin banyak pula bunganya, karenakan tunas bunga muncul di batang setiap tanaman dewasa.

Perawatan anggrek Phalaenopsis pulcherima sangat mudah, anggrek ini tidak harus sering dipupuk tetapi misal rutin memberi pupuk satu minggu sekali juga boleh asal sesuai dosis karena kebanyakan pupuk juga tidak baik, misal tanaman kelebihan pupuk daun tanaman anggrek bisa gosong kemudian mati, dikasih pupuk organik juga bisa, contohnya seperti air sisa mencuci beras, kulit bawang dan beberapa pupuk organik lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar