Kamis, 09 Februari 2023

Dendrobium canaliculatum

 Anggrek Dendrobium canaliculatum merupakan salah satu anggrek spesies yang hidupnya epifit pada pohon - pohon, anggrek ini oleh sebagian orang Indonesia disebut juga Anggrek Bawang karena anggrek ini menyerupai bawang, anggrek ini banyak tumbuh di perkebunan teh sehingga juga disebut Brown Tea Tree Orchid.

Tanaman Anggrek Dendrobium canaliculatum berukuran kecil dan memiliki pseudobulb yang pendek dan menggembung ditengah daunnya muncul diujung bulb, sedangkan bunganya tumbuh di ruas-ruas bulb.

Ciri-ciri fisik anggrek Dendrobium canaliculatum adalah :

1. Pseudobulb pendek menggembung ditengah menyerupai bawang

2. Daun berbentuk silinder kecil memanjang seperti sedotan dan runcing atau lancip diujungnya juga hampir serupa dengan daun bawang. 

3. Bunga kecil-kecil bergerombol warna bunganya paduan warna kuning, putih, dan ungu. 

4. Bentuk bunganya agak melintir

5. Kalau mau berbunga anggrek ini menggugurkan daunnya terlebih dahulu

Anggrek Dendrobium canaliculatum bisa tumbuh dengan sinar matahari yang banyak, paling baik anggrek ini di tanaman menempel pada kayu atau pakis. Anggrek ini agak mudah stress sehingga hindari sering memindah anggrek Dendrobium canaliculatum karena menurut pengalaman beberapa orang pernah memindah anggrek ini ke media lain tetapi hasilnya anggrek tidak mau berbunga dan akhirnya mati. 

Perawatan anggrek Dendrobium canaliculatum sebenarnya cukup mudah, saran penulis jangan menanam anggrek ini di pot kalau masih pemula. Pupuk dengan pupuk seimbang satu minggu sekali dengan takaran 1 gr/liter misal tidak punya takaran bisa menggunakan sendok teh dengan ukuran setengah sendok teh untuk satu liter air dan boleh dicampur vitamin B1 atau multi vitamin lainnya 1 ml/liter air. Sirkulasi udara tempat anggrek ini di tanam harus bagus karena semua anggrek suka dengan sirkulasi udara yang baik. Penyiraman misal ditempel di pakis atau kayu 2 atau 3 kali seminggu. 

Semoga bermanfaat dan mari terus kita jaga dan lestarikan kekayaan anggrek Indonesia. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar