Kamis, 09 Februari 2023

Anggrek Paphiopedilum glaucophyllum dan Media Tanamnya

 


Anggrek Paphiopedilum glaucophyllum merupakan salah satu jenis anggrek spesies, anggrek ini banyak di ketemuan di dataran tinggi atau pegunungan biasanya mudah ditemukan di sekitar balik bebatuan besar, anggrek Paphiopedilum glaucophyllum memiliki keunikan yaitu bentuk bibir bunganya yang menyerupai kantong, sehingga orang Indonesia juga menyebutnya anggrek kantong semar, meski demikian sebenarnya tanaman kantong semar itu ada sendiri. Fungsi kantong pada anggrek Paphiopedilum glaucophyllum berbeda dengan tanaman kantung semar, sama-sama memiliki kantong tapi fungsi beda. Kantong pada anggrek Paphiopedilum glaucophyllum berfungsi untuk menarik serangga yang bertujuan agar serangga menyerbuki bunga anggrek Paphiopedilum glaucophyllum, sedangkan kantong pada tanaman kantong semar berfungsi menangkap serangga.

Ciri-ciri anggrek Paphiopedilum glaucophyllum adalah :

1. Tidak memiliki Pseudobulb 

2. Bibir bunga seperti sepatu dan atau berbentuk kantong

3. Bunganya biasanya muncul satu tapi setelah bunga layu akan muncul lagi bunga dibawah bunga yang layu demikian seterusnya sampai batas tertentu, dalam 1 bulan bisa berbunga 4 kali lebih secara bergantian

Anggrek Paphiopedilum glaucophyllum merupakan salah satu jenis anggrek tanah sehingga dalam budidayanya menggunakan media yang dimodifikasi agar tumbuh dengan baik. Media anggrek Paphiopedilum glaucophyllum menggunakan campuran media pakis cacah, pupuk kandang, dan sekam bakar dengan perbandingan 2 : 1 : 2 (2 takar pakis cacah, 1 takar pupuk kandang, dan 2 takar sekam bakar), media ini sudah penulis uji sendiri dan hasilnya bagus, bisa lihat di chanel youtube @Pangeling_Anggrek_Blitar atau cukup ketik Pangeling Anggrek nanti video tentang anggrek Paphiopedilum glaucophyllum bisa dilihat. Pupuk kandang yang penulis pakai adalah kotoran kambing yang sudah kering dan dihaluskan.

Anggrek Paphiopedilum glaucophyllum tidak menyukai cahaya matahari langsung sehingga dalam budidaya anggrek Paphiopedilum glaucophyllum di tanaman dibawah paranet atau di dalam greenhouse dengan sirkulasi udara yang baik. Jaga kelembaban media jangan terlalu basah dan jangan terlalu kering agar anggrek Paphiopedilum glaucophyllum tumbuh dengan baik. Saran penulis jika memilihara anggrek ini tapi tidak memiliki greenhouse atau tempat khusus anggrek Paphiopedilum glaucophyllum bisa di letakkan di teras rumah dengan syarat jangan kehujanan terus menerus, karena jika terlalu banyak air akar bisa busuk demikian juga daunnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar